14 June 2006

10 Penghapus Dosa

10 Hal Penghapus Dosa


Imam Abu Ja'far Ath-Thahawi berkata dalam kitabnya al-Aqidah ath-Thahawiyah bahwa ada sepuluh hal yang dengannya Allah swt mengampuni dosa-dosa seorang hamba, yaitu:
  1. Taubat kepada Allah swt, dengan sebenar-benarnya.
  2. Beristighfar (mohon ampun) kepada Allah swt.
  3. Amal-amal shalih. Allah swt. berfirman, "Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu akan menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk." (QS. Huud: 114). Di antara amal-amal yang akan menggugurkan dosa-dosa (khususnya dosa-dosa kecil) ialah berwudhu, shalat yang lima waktu, puasa Ramadhan, shalat Jum'at, melangkahkan kaki ke Masjid, memperbanyak sujud (shalat sunnah), qiyamul lail (shalat malam), shalawat kepada Rasulullah swa., haji dan umroh, berjihad di jalan Allah dan Iain-Iain.
  4. Doa dari saudara-saudaranya yang seiman, baik ketika yang dido'akan itu masih hidup ataupun telah meninggal.
  5. Hadiah pahala amal dari orang-orang mukmin. Seorang sahabat berkata kepada Nabi saw, "Sesungguhnya ibuku telah meninggal, saya yakin seandai-nya ia sempat berbicara tentu ia akan bersedekah. Apakah ia akan mem-peroleh pahala jika aku bersedekah atas namanya?" Beliau saw menjawab, "Ya." (HR. Bukhari dan Muslim).
  6. Syafa'at Rasulullah saw di akhirat kelak. Rasulullah saw bersabda, "Setiap Nabi memiliki satu doa yang ia telah berdoa dengan itu lalu dikabulkan oleh Allah. Dan aku menjadikan doaku itu sebagai syafa'at untuk umatku pada hari kiamat kelak. "(HR. Bukhari dan Muslim).
  7. Musibah yang menimpa seorang mukmin di dunia. Rasulullah saw bersabda, "Tiada satu musibah pun yang menimpa seorang muslim seperti keletihan, sakit, sedih, murung ataupun gangguan dan kesulitan yang berat sampai duri yang menusuknya melainkan Allah hapuskan dosanya. "(HR. Bukhari).
  8. Ujian kubur. Setiap manusia akan diuji dalam kuburnya berupa pertanyaan dua orang malaikat serta merasakan himpitan kubur. Dengan izin Allah swt itu semua akan mengurangi dosa-dosa orang mukmin.
  9. Peristiwa-peristiwa dahsyat yang akan dialami di akhirat.
  10. Ampunan dan rahmat dari Dzat Yang Maha Penyayang (Allah aza wajalla).

No comments: