11 March 2006

5. UMUR KELIMA

Neraka

"Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami nanti akan Kami masukkan ke dalam neraka, setiap kali kulit mereka hangus akan Kami ganti dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan siksaan. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS. 4:56)

"Dan orang-orang kafir, untuk mereka disediakan neraka Jahannam, tiada diputuskan perkara mereka hingga mereka mati, dan tidak pula diringankan dari mereka siksaannya. Begitulah Kami memberi balasan pada setiap orang yang sangat kafir. Didalamnya mereka berteriak (memohon pertolongan): 'Wahai Tuhan Kami! Keluarkanlah kami, niscaya kami mengerjakan perbuatan saleh berlainan dari apa yang telah kami kerjakan dulu.' (Tidak!)Kami telah memberi umur yang cukup untuk berpikir sehingga jika ada orang yang mau berpikir niscaya ia dapat mengambil peringatan, dan telah datang juga orang yang membawa peringatan kepada kamu..." (QS. 35:36-37)

"Sesungguhnya orang-orang yang berdosa itu akan kekal di dalam neraka Jahannam. Tidak akan diringankan azab (hukuman) dari mereka dan mereka di dalamnya berputus asa. Kami tidak menganiaya mereka, tapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri. Mereka menyeru:'Hai Malik! Biarlah Tuhanmu mengakhiri hidup kami saja!' Malik menjawab: 'Kamu akan tetap tinggal di sini!'" (QS. 43:74-77)

Rasulullah saw bersabda: "Api kamu ini hanyalah satu bagian dari tujuhpuluh bagian api di neraka Jahannam." Para sahabat mengatakan: "Yang inipun sudah cukup (beratnya)" Berkata Nabi: "Bahkan api neraka itu melebihi sebanyak enampuluh sembilan kali lipat panasnya dari api dunia."

"Api neraka Jahannam telah dinyalakan seribu tahun sehingga menjadi merah. Kemudian dibakar lagi selama seribu tahun hingga menjadi putih. Kemudian dibakar lagi selama seribu tahun hingga menjadi hitam legam, seperti malam yang gelap gulita" (HR. Tirmidzi)

"Sesungguhnya penghuni neraka yang paling ringan siksaannya ialah orang yang diberi sepasang sandal yang talinya terbuat dari api neraka, lalu mendidihlah otaknya karena panasnya yang laksana air panas mendidih di dalam periuk. Dia mengira tiada seorangpun yang menerima siksaan lebih dahsyat dari itu, padahal dialah orang yang mendapat siksaan paling ringan." (HR. Bukhari dan Muslim)

"Ada di antara mereka yang dimakan api sampai ke mata kakinya, ada yang dimakan sampai pinggangnya dan ada pula yang dimakan sampai ke tenggorokannya." "Wahai manusia sekalian, menangislah! Jika tidak dapat menangis, maka paksakan dirimu untuk menangis! karena sesungguhnya ahli neraka itu akan terus menangis hingga air matanya mengalir di pipi masing-masing, seperti air yang mengalir di sungai. Sampai air mata itu habis dan matanyapun pecah-pecah. Seandainya ada perahu yang diletakkan di situ niscaya berlayarlah dia." (HR. Ibnu Majah)

"Ditimpakan atas penghuni nerak kelaparan, seberat azab yang sedang mereka alami. Lalu mereka minta agar diberi makanan, maka merekapun diberi makanan duri-duri layu yang tiada berguna dan tidak sedikitpun melepaskan mereka dari kelaparan itu. Mereka meminta lagi, maka mereka diberi pula makanan yang mencekikkan. Lalu mereka teringat bahwa mereka dahulu meneguk minuman untuk melancarkan kerongkongan di dunia, dan merekapun meminta minuman itu. Maka mereka diberi minuman neraka yang mendidih dengan pengait-pengait besi. Apabila didekatkan kemuka-muka mereka, maka hanguslah muka itu, dan apabila masuk kedalam perut-perut mereka, maka terkoyak-koyaklah perut mereka. Kemudian mereka memanggil-manggil para penjaga neraka Jahannam, dan merekapun ditanya oleh penjaga-penjaga itu:'Apakah tidak pernah datang rasul-rasul yang membawa keterangan kepada kamu?' Mereka menjawab: 'Bahkan ada!' Penjaga-penjaga neraka berkata pula:'Kini berdo'alah! Dan tiadalah do'a orang-orang yang kafir itu melainkan sia-sia belaka!" (HR. Tirmidzi)

Diriwayatkan bahwa di dalam neraka itu terdapat ular-ular yang bertengkuk tinggi seperti unta Khurasan dan kalajengking-kalajengking sebesar keledai. Dengan sekali sengat saja, bisanya yang menyakitkan tidak akan hilang selama empatpuluh tahun. Apabila dicurahkan satu ember air busuk dari neraka ke atas dunia, niscaya ia akan membusukkan seluruh penghuni dunia. Kalau satu tetes air buah Zaqqum jatuh ke dunia, niscaya ia akan merusakkan makanan manusia di dunia secara keseluruhan. Jika seorang penghuni neraka turun ke dunia, niscaya seluruh penghuni dunia akan mati karena tidak tahan mencium bau busuknya dan menyaksikan buruk rupanya. (HR. Tirmidzi)

Pintu-pintu neraka itu terdiri dari tujuh pintu sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an: "Neraka itu mempunyai tujuh pintu, tiap-tiap pintu daripadanya adalah bagian yang sudah ditentukan" (QS. 15:44) Neraka terdiri dari tujuh lapisan yang satu dibawah yang lain:

  1. Jahannam
  2. Saqar
  3. Ladza
  4. Huthamah
  5. Sa'iir
  6. Hawiyah, neraka yang tidak berdasar dan berujung

Ssemakin ke bawah neraka tersebut diatas semakin berat siksaan dan lebih dahsyat azab yang ada di dalamnya.

Sedangkan penghuni neraka terdiri dari dua bagian:

  1. Mereka yang termasuk ahli tauhid yang berdosa. Orang-orang ini tidak kekal didalamnya tetapi mereka akan dikeluarkan dari neraka dengan syafaat Nabi saw , diriwayatkan bahwa orang yang paling akhir keluar daripadanya ialah mereka yang tinggal selama tujuhribu tahun.
  2. Orang-orang yang kafir kepada Allah, dan orang-orang musyrikin serta kaum munafiqin yang berpura-pura beriman dengan lidahnya, tetapi menyembunyikan kekafiran di dalam hati.

Firman Allah: "Sesungguhnya orang-orang kafir dan meninggal dunia dalam keadaan kafir, maka mereka akan mendapat kutukan dari Allah, malaikat dan manusia seluruhnya. Mereka kekal di dalam neraka; tidak akan diringankan siksa dari mereka dan tidak pula diperhatikan" (QS. 2:161-162) "...Sesungguhnya siapa yang mempersekutukan Allah, niscaya Allah mengharamkan surga baginya dan tempatnya ialah dalam neraka. dan orang-orang yang zalim tidak akan mempunyai penolong" (QS. 5:72) Diriwayatkan bahwa gigi orang kafir di dalam neraka itu sebesar gunung Uhud, tebal kulitnya empatpuluh dua hasta dan ia akan menyeret lidahnya sampai satu atau dua farsakh, semua orang yang lalu di situ akan menginjak lidah itu. Allah SWT membesarkan tubuh orang-orang kafir itu didalam neraka supaya bertambah siksaan, penderitaan dan hukuman bagi mereka (HR. Muslim)

Surga

"Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman serta mengerjakan perbuatan baik, bahwasannya bagi mereka (disediakan) surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya. Setiap mereka diberi bermacam-macam buah-buahan di dalam surga itu sebagai rezeki, mereka mengatakan: 'Inilah yang pernah kita terima dahulu!' Mereka diberi buah-buahan serupa dan untuk mereka di dalam surga itu pasangan-pasangan yang suci bersih dan mereka kekal di dalamnya." (QS. 2:25)

QS Ar-Rahman : 46 –78


48. ذَوَاتَا أَفْنَانٍ 47. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ 46. وَلِمَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ جَنَّتَانِ

52. فِيهِمَا مِنْ كُلِّ فَاكِهَةٍ زَوْجَانِ 51. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ 50. فِيهِمَا عَيْنَانِ تَجْرِيَانِ 49. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

55. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ 54. مُتَّكِئِينَ عَلَى فُرُشٍ بَطَائِنُهَا مِنْ إِسْتَبْرَقٍ وَجَنَى الْجَنَّتَيْنِ دَانٍ 53. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

58. كَأَنَّهُنَّ الْيَاقُوتُ وَالْمَرْجَانُ 57. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ 56. فِيهِنَّ قَاصِرَاتُ الطَّرْفِ لَمْ يَطْمِثْهُنَّ إِنْسٌ قَبْلَهُمْ وَلا جَانٌّ

62. وَمِنْ دُونِهِمَا جَنَّتَانِ 61. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ 60. هَلْ جَزَاءُ الإحْسَانِ إِلا الإحْسَانُ 59. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

67. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ 66. فِيهِمَا عَيْنَانِ نَضَّاخَتَانِ 65. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ 64. مُدْهَامَّتَانِ 63. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

71. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ 70. فِيهِنَّ خَيْرَاتٌ حِسَانٌ 69. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ 68. فِيهِمَا فَاكِهَةٌ وَنَخْلٌ وَرُمَّانٌ

75. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ 74. لَمْ يَطْمِثْهُنَّ إِنْسٌ قَبْلَهُمْ وَلا جَان 73. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ 72. حُورٌ مَقْصُورَاتٌ فِي الْخِيَامِ

78. تَبَارَكَ اسْمُ رَبِّكَ ذِي الْجَلالِ وَالإكْرَامِ 77. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ 76. مُتَّكِئِينَ عَلَى رَفْرَفٍ خُضْرٍ وَعَبْقَرِيٍّ حِسَانٍ

Dan bagi orang yang takut saat menghadap Rabbnya ada dua surga . (QS. 55:46)Maka ni'mat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. 55:47) (Selanjutnya ayat serupa disingkat : MnR kymykd?)kedua surga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan. (QS. 55:48) Maka ni'mat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan?(QS. 55:49) Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir. (QS. 55:50) Maka ni'mat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. 55:51) Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasang-pasangan. (QS. 55:52) Maka ni'mat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. 55:53) Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutra (QS. 55:54) Maka ni'mat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. 55:55) Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin (QS. 55:56) Maka ni'mat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. 55:57) Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan (QS. 55:58) Maka ni'mat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. 55:59)Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula). (QS. 55:60) Maka ni'mat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. 55:61) Dan selain dari surga itu ada dua surga lagi . (QS. 55:62) Maka ni'mat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. 55:63)kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya. (QS. 55:64) Maka ni'mat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. 55:65) Di dalam kedua surga itu ada dua mata air yang memancar. (QS. 55:66) Maka ni'mat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. 55:67) Di dalam keduanya ada (macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima. (QS. 55:68) Maka ni'mat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. 55:69) Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik. (QS. 55:70) Maka ni'mat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. 55:71) (Bidadari-bidadari yang jelita, putih bersih dipingit dalam rumah. (QS. 55:72) Maka ni'mat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. 55:73) Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin. (QS. 55:74) Maka ni'mat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. 55:75) Mereka bertelekan pada bantal-bantal yang hijau dan permadani yang indah. (QS. 55:76) Maka ni'mat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. 55:77) Maha Agung nama Rabbmu Yang Mempunyai Kebesaran dan Karunia. (QS. 55:78)

No comments: